RANGKUMAN BAB 7 - ANNISA MAZAYA 7A (09)

 BAB 7 - ALGORITMA & PEMROGAMAN

 

 
Algoritma adalah urutan langkah yang dibuat untuk menyelesaikan tugas
tertentu. Salah satu contoh sederhana algoritma adalah langkah untuk
membeli tiket bioskop secara langsung .Langkahnya, yaitu: kalian perlu
menuju bioskop, memilih ilm yang ingin ditonton dan jadwalnya, lalu antre
di loket tiket, lalu memilih posisi kursi bioskop beserta jumlah tiketnya,
membayar total tiket, dan tiket diterima dari pegawai. Algoritma dibuat
untuk dapat dipahami oleh manusia dan juga komputer.


A. PEMROGAMAN - Mengapa Perlu Belajar Programming? Belajar programming (di dalamnya mencakup coding) diperlukan bukan hanya untuk menjadi programmer (penulis program profesional). Programming diperlukan dalam bidang apa pun, seperti halnya siapa pun perlu menulis.

1. Informatika membangun keterampilan yang berguna untuk belajar bidangbidang lainnya termasuk matematika, sains, penyelesaian persoalan, bekerja dalam tim, pembelajaran berbasis proyek, seni kreatif, dan banyak lagi.

2. Belajar pemrograman sama bergunanya seperti belajar bahasa asing. Makin awal kalian memulai belajar suatu bahasa asing (bahkan jika kalian dilahirkan di suatu negeri asing)

3. Zaman sekarang, dan di masa mendatang, diprediksi akan banyak sekali lapangan kerja yang membutuhkan kemampuan programming di seluruh dunia.

4. Pertumbuhan kebutuhan tenaga kerja di bidang lain yang membutuhkan
kemampuan programming selalu meningkat. 

5. Informatika adalah ilmu yang terpakai di semua bidang karena semua
bidang akan membutuhkan komputer. 

6. Coding adalah seni terbaru dan membuat kalian akan berkreasi tanpa batas. Banyak seniman saat ini membuat karya-karya dibantu dengan program komputer. 

2. Bagaimana Belajar Programming?

Pertama-tama, kalian akan dikenalkan dengan lingkungan pemrograman yang akan dipakai. Pengenalan lingkungan pemrograman itu bisa langsung dari internet secara online, dengan komputer atau gawai yang sudah disiapkan, atau tanpa komputer. 

3. Scratch
 Scratch dibuat oleh MIT Media Lab, sebuah tim dari Massachusetts Institute of Technology. Dengan Scratch, kalian dapat mengembangkan sebuah program sederhana berisi cerita, games, maupun animasi interaktif sesuai kehidupan sehari-hari. Program sederhana ini dibuat dari susunan blok-blok yang menghasilkan tampilan visual sesuai blok tadi.

4. Membuat Akun 
Untuk menggunakan Scratch, kalian dapat memilih untuk memiliki akun atau tidak. Kelebihan
 memiliki akun ialah dapat menyimpan semua hasil proyek Scratch.

5. Mengenal “Universe” Scratch
Mari, mengenal apa saja yang dapat kalian lakukan di Scratch. Pilih Menu Create di menu atas Home, lalu akan muncul tampilan seperti berikut:



1. Menu A: Kumpulan kategori kode yang dapat dilakukan oleh objek.

2. Menu B: Kode yang dapat di-assign untuk objek, dapat juga dipilih dari
kategori di menu A. Blok kode tinggal di-drag & drop ke bagian menu C untuk
menggunakannya dan hasilnya dapat dilihat di bagian menu D. Contoh di sini
apabila yang aktif adalah sprite (Menu G).
 Menu B dapat berubah apabila objek yang aktif adalah “Backdrops” (Menu F).

3. Menu C: Daftar blok kode yang diimplementasikan pada objek.

4. Menu D: Stage Grid untuk review hasil implementasi blok kode pada objek.

5. Menu E: Di bagian ini, kalian dapat meng-customize bentuk dan suara dari
objek/backdrops sesuai kreativitas sendiri.

6. Menu F: kalian dapat mengatur backdrops yang akan digunakan. Hasilnya
akan diperlihatkan di menu D.

7. Menu G: Kumpulan sprite yang digunakan pada project. Blok kode yang
ada di menu B dapat diimplementasikan untuk setiap sprite yang ada.

8. Menu H: Nama proyek yang dibuat.

C. Robot Manual

Kita akan memanfaatkan Sticky Notes kecil untuk menjadi blok program pada
sprite yang ada. Setiap warna sticky notes akan menggambarkan fungsi dan
itur yang berbeda. Setiap itur harus ditulis pada sticky notes dan nantinya
akan ditempelkan pada setiap sprite. Sediakan juga kertas kosong dan diberi keterangan untuk Sprite 1 sampai 6. Sticky notes ditempelkan pada kertas untuk setiap sprite tersebut dan sprite tadi akan berubah/menyesuaikan dari itur yang ada.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

"Mengapa saya memilih bersekolah di SMP Labschool Rawamangun"

Jawaban Essay Bab 6 Informatika Kelas 7 SMP Labschool Jakarta